Jo Horgan, Membangun Kerajaan Kosmetik Di Umur 29

NONACERIA.COM – Bagi kebanyakan wanita, membeli makeup di suatu department store dapat menjadi suatu pengalaman penuh intimidasi, dan begitu pulalah yang dialami oleh Jo Horgan.

Seorang wanita berusia 49 tahun mengatakan bahwa dia merasa tidak nyaman berbelanja merk makeup yang berbeda karena setiap merk mempunyai counter berjualan sendiri. disetiap counter terdapat seorang SPG yang siap mengintimidasi para calon pembeli dengan berbagai kata rayuan agar produknya terbeli.

Jadi, jika seorang customer menginginkan membeli beberapa merk yang berbeda, dia akan berjalan dari satu counter ke counter lainnya.

“Ini adalah suatu pengalaman yang tidak menyenangkan untuk rutinitas membeli makeup,” katanya.

Daripada mengalami hal yang sama dan tidak melakukan apa-apa, Jo Horgan menyadari suatu peluang kesempatan berbisnis kosmetik di tahun 1997, sebuah pasar penjualan kosmetik dari berbagai merk dengan pegawai yang siap menjelaskan kelebihan setiap merk, daripada memaksa membeli brand tertentu.

Tinggal di Melbourne, Australia, Jo melepas posisinya di perusahaan kosmetik raksasa L’Oreal sebagai Project Manager dan memulai perusahaan kosmetiknya sendiri yang dia namakan Mecca.

Diawali dengan menjual rumahnya untuk mengumpulkan modal, Jo membuka butik kosmetik Mecca pertama di sebuah supermarket di pinggiran kota South Yarra. Brands yang dijual di butiknya diantaranya adalah Nars, Stila, dan Urban Decay.

Kini, 21 tahun setelahnya, Mecca sudah mempunyai 87 outlets di seluruh Australia dan New Zealand, dan telah menghasilkan pendapatan tahunan sejumlah AUS287 juta dollar atau sekitar 3 milyar rupiah.

Hubungan Morgan dan kosmetik dimulai sejak ia masih kecil. Sering melihat ibunya berdandan, ia menikmati kegiatan itu setiap hari sembari mengobrol dengan ibunya dirumah mereka di London, Inggris.

“Dulu saya terbiasa duduk bersamanya di sebuah meja dandan, dan kami hanya mengobrol bersama,” ujarnya. “Aku merasa itu adalah suatu waktu yang sangat spesial buatku.”

Ketika Morgan berusia 14 tahun, keluarganya pindah dari Inggris ke Perth, Australia. Seperti kebanyakan remaja pada umumnya, ia juga suka menggunakan makeup meskipun tidak pernah bermimpi jika suatu hari dia akan bekerja di perusahaan kosmetik.

Setelah lulus sekolah di Perth, Hogan melanjutkan pendidikan ke jenjang sarjana S1 jurusan Sastra Inggris di University of Western Australia, sebelum melanjutkan pendidikan Master jurusan komunikasi di Boston University, US.

Setelahnya, Jo Horgan bekerja untuk L’Oreal London sebelum pindah ke L’Oreal Australia. Jo Horgan mengatakan bahwa ia suka bekerja di L’Oreal untuk kedua hal yaitu memasarkan produknya dan juga produk makeup nya sendiri sehingga itu menjadi suatu pekerjaan yang sangat menantang.

Ketika Jo meninggalkan L’Oreal untuk memulai Mecca, ia masih berumur 29 tahun. Ia mengatakan bahwa saat itu ia masih relatif muda untuk memulai suatu usaha kosmetik sendiri.

“Dulu saya seorang pembeli,” katanya. “Ketika kamu tahu karakter pembeli kamu lebih dalam, saya berfikir, akan lebih mudah memulai usaha ini.”

Kini Mecca sudah berjalan secara stabil selama 21 tahun perjalanannya.

 

Sukses terus untuk Jo Horgan!

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *