5 Kesalahan Orangtua dalam Pengasuhan Anak yang Harus Dihindari – part 2

  1. NONACERIA.COM – Adakah yang memiliki anak yang suka memukul dan menendang ketika dia marah atau dirundung emosi negatif? Nah, hal ini tidak bisa dibiarkan terus-menerus Bunda. Bagaimana cara megatasinya? Lihatlah kedalam dulu, apakah Bapak atau Ibu sering melakukan hal yang sama juga ketika sedang marah? Anak adalah cerminan apa yang dilihat, didengar, dirasanya setiap hari. As simple as that. Mendidik anak sesungguhnya tidak sulit. Cukuplah berperilaku, berkata, berperasaan, sesuai dengan kualitas apa yang anda inginkan ada pada anak. Mereka mencontoh, mereka meniru. Jika hanya kata-kata perintah yang anda berikan, kepada siapakah mereka harus mencontoh?

 

  1. Poin ini adalah himbauan kepada orangtua yang memiliki anak yang suka merebut mainan temannya meskipun dia sudah memiliki mainan sendiri. Kenapa ya? Yuk, kita teliti lebih dalam! Faktanya, biasanya orangtua yang suka membelikan anak banyak mainan tidak memberikan hak anak untuk memilih apa yang diinginkan. Hanya sekedar membelikan tanpa perdulikan keinginan anak yang sebenarnya. Maka dari itu, kepuasan sang anak untuk memilih didapatkannya dari merebut mainan milik orang lain. Coba ajak anak anda untuk berbicara dari hati ke hati. Apa yang dia inginkan dan bagaimana solusinya. Jangan sampai anda memarahinya ya Bunda. Pelan-pelan saja.

 

GOOD TO KNOW!

JIKA ORANGTUA BERKELAKUAN SEPERTI ANAK KECIL

8 MITOS PENGASUHAN ANAK

 

  1. Jika anak memiliki masalah suka berbohong kepada anda, mungkin karena anda bereaksi terlalu berlebihan pada kesalahan yang sudah dilakukannya di masa lalu. Wah, ini yang berbahaya. Anda harus terlebih dahulu menanamkan pada diri anda untuk memaafkan dan tidak merespon kejujuran yang anak anda ketakan dengan emosi. Jujur itu penting lho Bunda. Banyak sekali anak yang tidak terbuka pada orangtuanya malah terjerembab pada pergaulan yang salah diluar sana.

 

  1. Berikut adalah solusi untuk mengatasi anak yang tidak bisa menyelesaikan masalahnya sendiri dan selalu bergantung pada orang lain. Sebagai orangtua, apakah anda pernah mengusirnya pergi didepan saudara, keluarga, atau teman-temannya karena mereka berbuat salah? Jika iya jawabannya, sebaiknya jangan lagi melakukan itu. Hal yang anda lakukan tersebut sangat melukai hatinya, dan si kecil akan merasa bahwa dia tidak bisa melakukan apa-apa kecuali hanya berbuat kesalahan terus-menerus.

 

IT IS IMPORTANT!

3 HAL INI HARUS ANDA WASPADAI

 

  1. Itulah mengapa betapa pentingnya untuk menjunjung tinggi keunikan dan potensi setiap anak , dan mendukungnya atas mimpi-mimpi yang dia miliki. Banyak sekali orangtua diluar sana yang memaksakan kehendaknya meskipun sang anak tidak menyukainya. Anda yang memiliki perusahaan dan menginginkan keturunan anda untuk melanjutkan kepemimpinan di perusahaan, cobalah untuk bicara empat mata dengan anak. Apakah ini yang mereka sukai dan inginkan? Jika tidak, tentu jangan pernah memaksanya. 10 tahun kemudian, penyesalan akan datang ketika anda melihat anak anda begitu pasif, tidak memiliki pekerjaan, hanya berdiam diri dirumah. Itulah akibat dari apa yang anda lakukan dulu. Segala sesuatu yang dipaksa itu tidak baik, ya Bunda.
Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *