Cara Melatih Anak Menggunakan Toilet Dalam 3 Hari

NONACERIA.COM – Anak-anak dibawah 3 tahun pada umumnya masih belum bisa menggunakan toilet secara mandiri sehingga tak jarang mereka buang hajat di celana yang sedang mereka pakai tanpa rasa bersalah atau malu. Selain itu, hal ini akan sangat merepotkan seluruh anggota keluarga ketka bepergian karena kemungkinan mereka pipis dicelana semakin sering terutama ketika tertidur. Maka, disinilah peran orangtua harus melatih anak sedini mungkin agar kebiasaan akan segera terbangun dan mereka menjadi mandiri untuk buang hajat di toilet yang sudah disediakan dirumah. Sehingga setiap pagi para orangtua tak perlu repot lagi mengganti sprai dan menjemur kasur.

Inilah tahapan cara ampuh yang dapat membuat anak sukses melewati latihan penggunaan toilet dalam 3 hari saja.

 

  1. Hari pertama

Di hari pertama ini, biarkan anak anda tidak berpakaian dari pinggul ke bawah didalam rumah. Pengawasan yang intens diperlukan karena ketika mereka akan buang hajat, segera bawa mereka ke potty atau toilet kecil khusus untuk bayi. Kemudian, berikan anak anda minuman yang banyak seperti susu agar mereka terus-menerus ingin buang air kecil. Dengan begitu, akan memudahkan anda untuk melatihnya menggunakan potty. Yang terakhir adalah, latih dengan memberikan contoh. Ketika anda ingin ke toilet, ajaklah anak anda bersama untuk melihat proses anda menggunakan toilet. Dengan begitu, mereka akan meniru apa yang mereka lihat. Jangan ragu-ragu berikan pujian kapanpun mereka berhasil melakukannya. Sekali mereka melakukannya selama 10 hingga 12 kali, mereka dapat melakukannya sendiri. Namun, jika mereka gagal melakukannya, jangan marahi mereka namun terus beritahu jika buang air haruslah di toilet. Jangan lupa, sebelum mereka tidur, bawa anak anda ke toilet untuk menyelesaikan seluruh keinginan buang hajatnya dan pakaikan diapers ketika tidur untuk menghindari mengompol.

 

  1. Hari kedua

Di hari kedua ini, bawa anak anda keluar rumah, di halaman belakang rumah misalnya selama satu jam untuk bermain. Sebelum keluar, bawa anak anda ke toilet untuk buang air terlebih dahulu dan segera bawa mereka keluar rumah setelahnya. Diluar rumah, gunakan celana longgar tanpa diapers sehingga mereka tahu bahwa jika mereka ingin buang air, bukan di celana tempatnya tetapi di potty. Jika ingin berjaaga-jaga, anda dapat meletakkan potty di sekitar anda agar tidak perlu terburu-buru masuk kedalam rumah dan anak anda keburu buang hajat.

 

  1. Hari ketiga

Di hari terakhir pelatihan, bawa anak anda keluar rumah dua kali, di pagi dan sore hari. Seperti hari sebelumnya, biarkan anak anda tidak memakai diapers ketika sedang berada diluar rumah, khusus hanya untuk pelatihan saja. Bawa baju ganti dan potty diluar rumah jika anda waswas mereka akan ngompol. Hal terakhir yang paling penting adalah tetap sabar dan konsisten untuk hasil yang maksimal. Mereka masih anak-anak dan belum mengerti, jadi menjadi tugas orangtua untuk terus membimbingnya tanpa emosional. Jika dalam waktu tiga hari mereka masih belum terlatih, terus lakukan hal ini hingga berhasil. Salam sukses Bunda dan Ayah!

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *