Apa itu cryotherapy?

NONACERIA.COM – Cryotherapy adalah perawatan yang dilakukan untuk mencegah kanker serviks. Dalam hal ini, dokter menggunakan bahan kimia untuk membekukan sel-sel abnormal dari leher rahim Anda sehingga yang normal dapat tumbuh kembali.

Bagaimana cara kerja cryotherapy?

Cryotherapy mengangkat sel-sel abnormal dari serviks Anda. Selain itu, cryotherapy juga digunakan untuk menghilangkan kutil dan pertumbuhan jaringan lainnya di bagian tubuh yang lain. Ini dilakukan dengan menyuntikkan bahan kimia yang sangat dingin pada sel untuk membekukannya dan kemudian menghilangkannya. Pembuangan sel-sel jahat yang baru ini dapat menumbuhkan sel-sel normal baru di tempat yang sama.

Begini caranya: Anda akan berbaring di atas meja medis seperti yang Anda lakukan untuk tes Pap.  Dokter atau perawat akan memasukkan spekulum ke dalam vagina dan membukanya. Alat ini memisahkan dinding vagina Anda sehingga mereka bisa mendapatkan tampilan yang baik pada leher rahim Anda. Kemudian tim medis akan memasukkan sebuah alat kedalam vagina yang disebut cryoprobe yang menyentuh dengan lembut leher rahim Anda selama beberapa menit. Alat ini membekukan sel dengan sangat cepat. Biasanya tim medis melakukan ini dua kali dan berhenti selama beberapa menit di antaranya. Tetapi keseluruhan proses hanya membutuhkan waktu sekitar 5 menit.

Seberapa efektifkah cryotherapy?

Cryotherapy dapat dilakukan setelah sel-sel abnormal ditemukan selama tes Pap, kolposkopi, atau biopsi. Dalam kebanyakan kasus (sekitar 85-90%), cryotherapy menyembuhkan sel-sel abnormal sehingga masalah tidak kembali.

Jika perawatan ini tidak menghilangkan semua sel abnormal, Anda mungkin harus menjalani perawatan cryotherapy lagi, atau dokter atau perawat Anda dapat merekomendasikan perawatan lain seperti LEEP atau lebih banyak tes. Inilah mengapa sangat penting untuk menjalani tes Pap secara teratur. Ini memungkinkan dokter atau perawat Anda tahu apakah cryotherapy berhasil atau tidak.

Apakah cryotherapy sakit?

Kebanyakan orang merasakan kram atau tekanan ringan selama cryotherapy. Itu juga bisa membuat vagina Anda terasa dingin. Beberapa orang tidak merasakan ketidaknyamanan sama sekali.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *