5 Penyebab Utama Badan Pegal Setelah Bangun Tidur

NONACERIA.COM – Hal-hal ini dapat menyebabkan kualitas tidurmu menjadi tidak baik. Kualitas tidur yang buruk dapat ditandai dengan tidur yang tidak nyenyak, bukan malah segar tapi badan pegal-pegal sebangunnya dari tidur. Sehingga aktifitas harian pun menjadi terganggu karena anda tidak mendapatkan cukup istirahat. Ingat, istirahat cukup bukan diukur dari seberapa lama anda tidur tapi seberapa berkualitasnya tidur anda. Meskipun hanya 15 menit tetapi jika tidur anda sangat nyenyak, tanpa mimpi dan jeda, ketika bangun badan anda terasa sangat segar. Itulah yang semua orang inginkan. Nah, hindari hal-hal dibawah ini jika anda ingin memperbaiki kualitas tidur anda.

 

  1. Kurang olahraga

Olahraga sangat penting untuk kualitas tidur. Tak heran setelah berolahraga biasanya kamu langsung merasakan kantuk dan segera ingin tidur. Tidur setelah berolahraga adalah tidur yang sangat berkualitas karena tubuh merasa kelelahan dan menjadi relax setelahnya. Bangun tidur pun, tubuh langsung terasa bugar dan segar. Usahakan untuk berolahraga secara teratur, minimal satu kali seminggu. Itu sudah cukup memperlancar metabolisme tubuh dan memperbaiki kualitas tidur kamu di malam hari. Tapi ingat ya, olahraga lho bukan s-e-l-f-i-e! Cheers!

 

BACA JUGA

5 CARA MENINGGIKAN BADAN PALING EFEKTIF

 

  1. Sering makan makanan cepat saji

Makanan cepat saji adalah produsen lemak jenuh, karbohidrat dan gula yang tidak baik untuk dikonsumsi harian atau terlalu sering. Mengkonsumsi makanan cepat saji terlalu sering menjadikan tubuh cepat gemuk, malas bergerak, kualitas tidur menurun, dan gangguan kesehatan yang merugikan kamu di kemudian hari. Mulailah perbanyak makan makanan bernutrisi baik sedari sekarang. Memasak di rumah akan menjadi lebih baik daripada beli di luar.

 

  1. Kurang minum air mineral

Air mineral sangat penting peranannya untuk membantu proses metabolisme tubuh dan proses bekerjanya organ-organ didalam tubuh. Minimal konsumsi air orang dewasa perharinya adalah 1-2 liter. Kurang dari tersebut, pekerjaan ginjal menyaring zat-zat berguna dalam tubuh akan terganggu. Kinerja otak pun akan menurun. Kamu akan sering merasakan kantuk. Dan tidur pun menjadi tidak nyenyak. Maka dari itu, usahakan untuk minum minimal 8 gelas ukuran regular setiap harinya agar kamu terhindar dari kualitas tidur yang buruk.

 

BACA JUGA

4 EFEK SAMPING DIET CUKA APEL

 

  1. Kurang makan sayur

Sayur mengandung banyak nutrisi baik untuk tubuh. Nutrisi yang baik membantu organ-organ tubuh bekerja dengan baik. Selanjutnya hal lain akan berimbas seperti tidur yang menjadi lebih nyenyak. Beda jika tubuhmu banyak mengandung zat-zat buruk, maka tidur pun akan berimbas tidak nyenyak. Hal ini sering diremehkan banyak orang karena merasa bahwa sayur tidak ada hubungannya dengan tidur. Faktanya, jika tubuhmu sehat, tidur pun menjadi berkualitas.

 

BACA JUGA

MANFAAT MENIKAH MUDA

 

  1. Stress

Pekerjaan menumpuk, jadwal padat, tuntutan ekonomi, dan banyak hal lainnya membuat banyak orang menjalani hidup yang penuh tekanan. Tekanan pikiran yang terlalu berat akan berbahaya bagi kesehatan tubuh dalam waktu jangka panjang dan jangka pendek. Jangka pendeknya kamu akan kesulitan tidur karena terus memikirkan masalah tersebut, kekurangan istirahat membuat kekebalan tubuh menjadi rapuh. Jika sudah seperti itu, maka penyakit akan lebih mudah menyerang tubuh. Jangka panjangnya tentu saja akan menyebabkan penyakit-penyakit berat atau komplikasi seperti jantung, ginjal, hati, otak, dan lainnya. Maka, kurangi beban pikiranmu. Terima dengan ikhlas semua masalah yang ada dan dicari jalan keluarnya satu-persatu.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *