6 Tips Mata Sehat Instan

  1. Atur jarak pandang membaca

6 tips mata sehat instan. Jarak pandang membaca maupun kontak dengan layar digital adalah minimal 20cm. Jangn terlalu dekat dan jangan terlalu jauh. Jarak pandang sangat penting untuk diperhatikan mengingat banyaknya anak usia 5 tahun yang sudah memakai kacamata baca karena membaca atau menonton televisi terlalu dekat.

 

  1. Olahraga mata

Olahraga mata dapat dilakukan setiap 2 jam sekali baik ketika kamu terus-menerus melihat layar digital maupun membaca buku. Olahraga mata adalah dengan cara menggerak-gerakan bola mata ke kiri dan ke kanan, lalu ke atas dan ke bawah. Gunanya adalah untuk menjaga otot dan saraf-saraf mata dari kelelahan berlebihan.

 

BACA JUGA

APAKAH MINYAK KELAPA BAIK UNTUK JANTUNG?

 

  1. Taati waktu maksimal melihat layar digital

Layar digital seperti televisi, laptop/ komputer, handphone dapat merusak mata jika kamu terlalu lama melihatnya karena layar digital mengeluarkan radiasi yang secara perlahan membuat mata kehilangan kemampuan primanya. Waktu maksimal melihat layar digital dalam sehari adalah 8 jam dengan istirahat diantara jam-jamnya. Taati aturan ini maka kamu akan memiliki mata yang sehat hingga masa tua tanpa perlu bantuan kacamata baca.

 

  1. Makanan kesukaan mata

Mata sangat menyukai makanan-makanan yang mengandung Vitamin A, lemak, zinc, zat besi. Kandungan ini akan bermanfaat sekali dalam menjaga kesehatan mata. Kamu dapat menemui Vitamin A pada apel, mangga, wortel. Sedangkan kandungan lain dapat ditemukan pada kacang-kacangan, telur, dan daging merah.

 

BACA JUGA

3 CARA TERBAIK MENGUKUR KEBERHASILAN DIET ANDA

 

  1. Jangan membaca dalam kegelapan

Membaca yang baik adalah dalam keadaan yang terang, tidak temaram atau gelap karena perbedaan pencahayaan antara keadaan sekitar dengan pencahayaan pada bahan bacaan akan melelahkan mata. Dalam keadaan seperti itu, mata akan terus menyesuaikan cahaya disekitarnya sehingga mata mudah lelah dan perih. Ada baiknya jika mata sudah lelah, istirihatlah dengan tidur.

 

  1. Jaga kebersihan mata

Menjaga kebersihan mata dapat dilakukan dengan berbagai cara seperti memakai kontak lensa mata sesuai dengan masa berlakunya dan tidak lebih dari 5 jam sehari, banyak minum air mineral, mengistirahatkan mata dari  membaca, menonton televisi, melihat layar laptop dan hp, dan lain sebagainya. Jika naik motor, gunakan kacamata pelindung agar mata terlindungi dari debu dan benda-benda kecil yang dapat masuk mata. Jika mata anda mudah kering, bawalah tetes mata ringan yang aman untuk pemakaian rutin.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *