Tips Memilih Jurusan Kuliah

NONACERIA.COM –¬†Tips memilih jurusan kuliah.¬†Memilih jurusan kuliah bisa menjadi hal yang sangat memusingkan dan membingungkan karena kamu tidak memiliki cukup informasi tentang dirimu dan berbagai jurusan tersebut. Berikut tips yang bisa kamu lakukan ketika sudah saatnya kamu akan berkuliah dan memilih jurusan yang tepat untuk kamu.

 

  1. Coba banyak hal

Ketika kamu masih duduk di bangku sekolah SD, SMP, atau SMA, cobalah ikuti berbagai ekstrakurikuler guna mencari bakat apa yang kamu miliki dan hal apa yang kamu minati. Mencari bakat dan minat pribadi dapat menjadi proses yang panjang, maka dari itu kamu harus mencaritahunya dengan cara mengikuti berbagai kegiatan. Memang melelahkan, tetapi coba atur jadwalnya dan sabar dalam menjalaninya karena ini demi masa depanmu juga. Jika bukan kamu yang melakukannya, siapa lagi?

 

GENERASI MEDIA SOSIAL YANG ANTI-SOSIAL

 

  1. Ikuti tes kemampuan dan bakat

Ikuti tes kemampuan dan bakat yang biasanya diselenggarakan oleh sekolah dengan bekerjasama dengan suatu lembaga tertentu. Jika sekolahmu tidak mengadakannya, kamu bisa mendaftar tes ini sendiri. Soal yang dikerjakan adalah tentang dirimu yang harus kamu jawab jujur. Hasilnya dapat kamu gunakan untuk melacak kira-kira jurusan kuliah apa yang tepat untuk kamu.

 

  1. Baca banyak informasi

Banyaklah membaca informasi seputar jurusan-jurusan kuliah, bacalah semuanya, jangan hanya satu. Setelah itu kamu dapat mencari tahu tentang prospek atau kesempatan bekerja secara professional setelah lulus dari jurusan tersebut. Jika lapangan pekerjaan yang tersedia tidak banyak dari lulusan jurusan tersebut, tentu kamu harus mempertimbangkan jurusan yang lain. Rencanakan matang-matang apa yang ingin kamu lakukan di masa depan agar tidak salah pilih jurusan.

 

MOTIVASI KAMU

MIHIR GARIMELLA, SANG REMAJA PEMBUAT ROBOT

 

  1. Jangan ikut-ikutan

Banyak sekali mahasiswa yang merasa menyesal telah memilih jurusan yang sekarang sedang mereka geluti karena awalnya mereka hanya mengikuti teman. Takut tidak punya teman di universitas, malu, tidak mudah bergaul, atau tidak mau kehilangan kebersamaan bersama teman dekat semasa SMA menjadi salah satu penyebab siswa suka ikut-ikutan ambil jurusan sesuai dengan yang temannya ambil. Hal ini dapat berakibat fatal sekali, karena tidak sedikit biaya yang sudah dikeluarkan orangtua untuk memberikan kamu pendidikan terbaik. Jadi, harus sesuai dengan hati nurani, minat dan bakat ya.

 

BAGUS JUGA

CARA UNIK ATASI KEBOSANAN

 

  1. Bertanya

Bertanya pada alumni semua jurusan yang ada di perkuliahan dapat sangat membantu tentang apa saja yang akan dipelajari, rintangan belajar di jurusan tersebut, dan bagaimana prospek pekerjaan kedepannya, biaya, dan lain sebagainya. Gali informasi sebanyak-banyaknya dari senior akan dapat sangat membantu kamu memilih jurusan kuliah yang tepat.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *