Waspada Bahaya Internet dan Cyberbullying pada Anak Anda

NONACERIA.COM – Waspada bahaya internet dan cyberbullying pada anak anda. Pada dasarnya, internet sangat bagus karena  memungkinkan remaja untuk terhubung satu sama lain dan belajar hal-hal positif. Tetapi teknologi harus digunakan dengan tanggung jawab penuh. Apa yang dilakukan remaja ketika online atau aktif di internet dapat memengaruhi keselamatan pribadi mereka serta hubungan mereka dengan orang-orang dalam kehidupan mereka. Apa yang mereka katakan tentang orang lain dapat memiliki konsekuensi juga. Bantu anak remaja Anda memahami pentingnya apa yang mereka katakan dan lakukan di internet secara online.

Ajukan pertanyaan pada remaja Anda tentang apa yang mereka lakukan secara online – situs apa yang mereka kunjungi, jaringan sosial apa yang mereka gunakan, apa yang dilakukan teman-teman mereka secara online. Mencari tahu apa yang mereka lakukan online sama seperti mencari tahu tentang bagian lain dari kehidupan mereka. Itu menunjukkan Anda peduli, dan itu membantu Anda memahami kehidupan remaja Anda lebih baik. GENERASI MEDIA SOSIAL YANG ANTI-SOSIAL

 

Bicarakan dengan mereka tentang pedoman sederhana ini untuk tetap aman saat online:

Asumsikan bahwa apa pun yang Anda posting online dapat dilihat oleh siapa saja – termasuk rekan dan guru. Berhati-hatilah dengan jenis lelucon yang Anda buat online, karena mereka dapat dengan mudah disalahpahami. Sebagian besar situs media sosial seperti Facebook, Twitter, dan Instagram memiliki pengaturan privasi yang dapat Anda sesuaikan – yang sangat bagus. Tetapi sangat mudah bagi orang-orang untuk mengambil tangkapan layar atau screenshot (yang berarti gambar dari apa yang mereka lihat di layar) dari apa pun yang Anda posting, dan kemudian membagikannya secara publik tanpa izin Anda.

Hati-hati dengan uang dan informasi pribadi Anda secara online. Ada banyak penipuan yang terjadi di internet. Jangan membeli barang dari situs web yang tidak Anda kenal dan percayai, dan jangan pernah mengirim seseorang yang tidak Anda kenal uang secara online. Dan jangan membagikan informasi pribadi secara online (seperti nomor jaminan sosial atau alamat rumah Anda).

Bicarakan masalah Anda dengan teman atau mitra secara offline. Hal-hal cenderung menjadi lebih buruk secara online daripada mereka akan berhadap-hadapan di dunia nyata.

Penindasan online (a.k.a “cyberbullying”) bisa sama menghancurkannya dengan intimidasi. Cyberbullying dapat meningkatkan risiko bunuh diri remaja, membuat pembelajaran di sekolah menjadi sulit, dan menyebabkan bahaya emosional jangka panjang. Tidak seperti bullying di sekolah atau di tempat umum, penindasan di dunia maya dapat terjadi  selama 24 jam setiap hari, dan dapat menjangkau orang-orang ketika mereka sendirian.

 

GOOD TO KNOW!

TIPS MEMILIH JURUSAN KULIAH

 

Contoh cyberbullying meliputi:

  • Mengirim email, teks, atau pesan di situs jejaring sosial dengan ancaman, penghinaan, atau rumor fitnah.
  • Membuat profil palsu atau alamat email dengan tujuan menyakiti perasaan seseorang
  • Memposting foto atau video yang memalukan

Beberapa sekolah memiliki aturan tentang penindasan dunia maya yang dapat menyebabkan pengeluaran siswa tersebut dari sekolah, dan beberapa jenis penindasan dunia maya adalah ilegal, seperti mengancam kekerasan, mengirim gambar seksual eksplisit pada anak di bawah umur, dan menguntit seseorang secara daring.

 

BACA JUGA

MANFAAT TERSEMBUNYI PUASA SENIN-KAMIS

 

Bicarakanlah dari sekarang dengan anak remaja Anda tentang cyberbullying. Jelas bahwa tidak boleh melecehkan atau mengejek orang-orang di internet. Dan beri tahu mereka jika seseorang mengganggu mereka secara online, mereka dapat berbicara dengan Anda dan Anda dapat membuat rencana bersama. Sekolah anak Anda dapat membantu Anda dengan rencana itu. Dorong remaja Anda untuk meletakkan ponsel / komputer / tablet untuk sementara waktu jika ada hal-hal yang mulai terasa di luar kendali online.

 

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *