Menjawab Pertanyaan Anak-anak tentang Seks

NONACERIA.COM – Menjawab Pertanyaan Anak-anak tentang Seks. Ketika anak Anda datang kepada Anda dengan pertanyaan tentang seks dan hubungan, luangkan waktu sejenak dan hargai pekerjaan bagus yang telah Anda lakukan  sebagai orangtua untuk membawa Anda ke titik ini. Jika mereka merasa nyaman menanyakan pertanyaan-pertanyaan ini, itu berarti anak Anda mempercayai Anda dan menghormati Anda.

 

Berikut ini beberapa kiat untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan itu:

Jangan langsung mengambil kesimpulan mengapa mereka menanyakan apa yang mereka minta. Jika anak bertanya tentang hal-hal yang menurut Anda tabu seperti seks, Anda dapat mengatakan: “Apa saja yang sudah kamu ketahui tentang hal itu, Nak?” Atau “Apa yang telah kamu dengar tentang itu?”

Jika mereka sudah menjawabnya, mulailah dengan menjelaskan dengan kata-kata yang sederhana agar dapat mudah dipahami. Yang terpenting disini adalah, informasi yang Anda berikan harus bersifat edukatif agar anak Anda tidak terjerumus pada hal-hal yang tidak diinginkan. Maka dari itu keterbukaan dan kejujuran adalah hal yang sangat penting dan patut dihargai.

Setelah memberikan jawaban, biarkan percakapan tetap terbuka. Anda dapat mengatakan: “Apa pertanyaan lain tentang hal-hal seperti ini yang kamu miliki?” Atau “Apa yang terjadi dalam hidupmu atau di sekolah yang membuatmu berpikir lebih banyak tentang hal ini, anakku sayang?”

Periksa pemahaman mereka. Setelah menjawab pertanyaan, Anda dapat bertanya, “Apakah itu menjawab pertanyaan kamu?” Atau “Apa yang kamu pikirkan tentang itu?”

Jika Anda tidak tahu jawaban untuk sesuatu hal yang mereka tanyakan, Anda dapat mencarinya sendiri atau bersama-sama. Anda dapat berkata, “Ibu/Bapak senang kamu menanyakan pertanyaan itu tapi Ibu/Bapak tidak yakin bagaimana menjelaskannya atau apa jawabannya. Mari kita cari tahu bersama yuk Nak! ”

Ingat, tidak apa-apa jika Anda merasa sedikit canggung, atau jika Anda atau anak Anda merasa malu. Cobalah untuk bekerja melalui rasa malumu. Itu akan berharga untuk Anda berdua. Plus, semakin banyak latihan yang Anda dapatkan menjawab pertanyaan sulit, semakin mudah Anda menjawabnya di kemudian hari.

Yang terpenting adalah, jangan menyembunyikan sesuatu yang sudah mereka tanyakan terlebih dahulu daripada yang Anda duga mereka tidak tahu. Berapa banyak anak-anak yang mencari tahu jawaban tentang pertanyaan-pertanyaan mereka sendiri karena orangtua tidak menjelaskannya pada mereka. Sehingga mereka terjerumus pada masalah “coba-coba”.

Menjelaskan seks pada anak bukan berarti menjadikannya melakukan seks pada usia dini, karena yang dijelaskan pun belum sampai ke hal yang sangat intim, baru luarnya saja, permulaan. Dan juga ada cara dan metodenya. Anda harus belajar tentang hal tersebut agar tidak salah dalam menjelaskan. Tapi jika anak belum bertanya tentang hal itu sebaiknya tidak perlu dulu dijelaskan. Yang penting pastikan bahwa dia tahu bagian-bagian mana saja pada tubuhnya yang orang lain tidak boleh sentuh.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *