7 Tips Berhenti Makan Saat Sudah Makan Secukupya

NONACERIA.COM – Tips berhenti makan saat sudah makan secukupya. Kebanyakan orang memiliki nafsu makan berlebih bahkan ketika dia sudah selesai makan. Melihat kue-kue manis yang menggoda, perut kenyang pun tidak menjadi penghalang baginya untuk terus menyantap makanan pencuci mulut tersebut. Nah bagi yang sudah memiliki kebiasaan makan lebih dari kebutuhannya tentu sangat berat di awal ketika harus beradaptasi dengan sesuatu yang harus dijadikan kebiasaan, yaitu berhenti makan ketika sudah makan secukupnya. Nah mari kita bahas tips nya berikut ini.

Letakkan garpu di piring ketika sedang mengunyah

Setelah Anda mengambil setiap gigitan, beri garpu Anda waktu istirahat, dan jangan langsung memuatnya dengan suapan berikutnya. Saat Anda meletakkan garpu di piring, Anda dengan sengaja memperlambat langkah Anda sehingga mengunyah makanan bisa lebih pelan, dan hal itu memberikan Anda lebih banyak ruang untuk menyesuaikan isyarat-isyarat tubuh Anda apakah sudah kenyang atau belum.

 

Kurangi porsi anda menjadi setengah

Langkah ini memerangi efek nafsu penglihatan Anda yang biasanya merasa selalu lapar meskipun porsi makan Anda sudah tercukupi. Mengurangi porsi makan Anda berarti pula mencoba membuktikan pada diri Anda bahwa porsi setengah dari yang Anda makan biasanya pun sebenarnya sudah cukup untuk memberikan Anda energi selama setengah hari. Trik untuk hal ini adalah gunakan piring yang lebih kecil dari porsi makan sehingga piring tampak penuh dengan makanan. Dengan begitu, Anda akan merasa bahwa makan Anda tetap banyak.

 

BACA JUGA

UNTUK YANG LAGI DIET: Fakta Tentang Kripik Sayuran

Nikmati setiap gigitan

Makan bukan hanya tentang rasa, ini adalah pengalaman indra keseluruhan. Banyak orang yang makan begitu banyak tetapi tidak menikmati prosesnya sehingga makanan tersebut terasa biasa-biasa saja. Berhenti sejenak selama tiga hingga lima detik sebelum Anda mulai makan, dan benar-benar fokus pada makanan Anda: Seperti apa bentuknya? Bagaimana baunya? Anda bahkan bisa sampai dengan tiga kata cepat untuk mendeskripsikannya. Saat Anda memakannya, berkonsentrasi pada tekstur dan bunyi, lalu bayangkan gerakannya dari tenggorokan ke dalam perut Anda. Benar-benar menikmati dan berfokus pada makanan tidak hanya akan memperlambat Anda, itu akan memberi waktu pada tubuh Anda untuk melepaskan sinyal kenyang sebelum Anda makan terlalu berlebihan.

Matikan TV-nya

Faktanya, makan sambil menonton televisi membuat Anda makan 14 persen lebih banyak daripada makan yang tidak disertai kegiatan tersebut. Kenapa bisa begitu? Karena perhatian Anda yang seharusnya terfokus pada makanan yang begitu lezat dan menggodanya menjadi teralihkan ke televise yang sednag menyiarkan acara favorit Anda. Sebenarnya, proses makan juga menjadi lebih lama dan makanan yang tadinya hangat bisa jadi tidak lagi hangat dan terasa biasa saja. Selanjutnya, kontrol Anda pada porsi makan menjadi berkurang dan Anda cenderung ingin terus menambah makanan karena program di televise yang belum selesai dan lebih nikmat jika menontonnya sembari mengunyah sesuatu.

 

PENTING NIH BUAT KAMU!

4 EFEK SAMPING DIET CUKA APEL

 

Minumlah Air 30 Menit Sebelum Makan

Kadang-kadang orang merasa bahwa lapar artinya harus makan, padahal tidak begitu sebenarnya. Bisa jadi Anda sedang mengalami dehidrasi sehingga perut mengirim sinyal ke otak bahwa Anda lapar dan butuh makan. Atau jika Anda sedang makan dan merasa porsinya tidak akan cukup membuat Anda kenyang sehingga Anda cenderung menambah porsi makan Anda. Maka dari itu dianjurkan untuk meminum segelas air 30 menit sebelum Anda makan agar rasa lapar yang Anda rasakan bukanlah rasa lapar palsu.

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *