Skill yang Harus Dikuasai Kalau Kamu Tinggal di Indonesia

NONACERIA.COM – Skill yang harus dikuasai kalau kamu tinggal di Indonesia. Seperti yang kita tahu Indonesia adalah Negara kepulauan yang terdiri dari laut dan daratan yang besar, budaya, adat-istiadat, suku, dan bahasa yang beragam. Di Negara yang besar ini, terutama bagi orang Indonesia sendiri harus dan wajib menguasai beberapa skill dibawah ini agar dapat bertahan hidup. Penasaran? Yuk langsung aja simak list nya berikut ini!

 

1. Berenang
Akhir-akhir ini ketika tulisan ini dibuat, ada beberapa kecelakaan kapal motor yang tenggelam dan menelan korban jiwa yang tidak sedikit. Dari kejadian ini, bagi orang yang berfikir, tentu akan berfikir hal yang sama. Andai saja mereja tidak panik dan bisa tetap tenang, mereka bisa saja selamat dengan tetap berenang. Meskipun memang saat itu ombak dan angin sedang kencang sehingga tak menyalahkan juga kalau mereka sangat panik. Namun, setidaknya karena Indonesia dipenuhi oleh lautan di antara pulau-pulaunya, orang Indonesia harus menguasai kemampuan berenang di air dalam seperti di laut.

 

2. Berpikiran terbuka
Dengan banyaknya latar belakang budaya dan bahasa yang ada Indonesia, rasanya sulit sekali untuk dapat bertahan hidup disini jika kita tidak memiliki pikiran yang terbuka. Sedikit-sedikit merasa bahwa budaya mereka tidak baik, tidak benar, atau tidak sesuai dengan apa yang kita pahami sedari kecil. Nah, inilah pentingnya untuk kita agar memiliki pikiran yang terbuka sehingga dapat menerima beragamnya latar belakang budaya dan keyakinan di Indonesia. Maka dari itu, kitapun sadar bahwa pada dasarnya kita semua ini bersaudara meskipun kita memiliki keyakinan dan warna kulit yang berbeda.

 

BACA JUGA

Pekerjaan Paling Hits di Indonesia 2018

 

3. Menguasai beberapa bahasa daerah
Wah kalau kamu dari kecil tinggal di kota dan tidak menguasai bahasa daerah manapun, wajib nih kamu harus belajar salah satu bahasa daerah. Kalau kamu ke pedalaman, atau ke tempat dimana orang-orangnya masih berbicara bahasa daerah mereka, kamu bs beradaptasi lebih cepat jika kamu berbicara bahasa mereka. Selain itu, identitas Indonesia dikenal karena keberagamannya. Jadi, jangan biarkan orang lain mengambil atau menghapus identitas Indonesia yang kaya ini dari muka bumi. Bahasa Indonesia memang pemersatu, tetapi bahasa daerah adalah hal yang wajib dipertahankan.

 

4. Berkebun
Indonesia memiliki tanah yang sangat subur sehingga ditanami apapun pasti akan tumbuh tanaman dari dalamnya. Naiknya harga bahan makanan pokok dari hari ke hari membuat masyarakat Indonesia harus memikirkan suatu jalan agar mereka bisa tetap bertahan hidup. Dengan berkebun kamu bisa menghemat sekian ratus ribu yang dikeluarkan setiap bulan untuk membeli sembako. Tanamlah sayur-mayur di halaman rumahmu. Selain menjadi hiburan tersendiri untuk yang berkebun, juga dapat menjaga kesehatan kita dengan makan makanan hasil tumbuhan organic yang kita tanam.

 

5. Bela diri
Tingkat kriminalitas di Indonesia masih tinggi kawan. Ada baiknya kalian pelajari ilmu bela diri sederhana agar dapat membela diri kalian disaat keadaan yang terjepit. Terutama untuk perempuan yang paling banyak menjadi sasaran empuk pelaku kriminalitas.

Nah, ada yang bisa menemukan skill lainnya untuk kita kuasai jika kita tinggal di Indonesia? Yuk bagikan ide kamu di kolom komentar di bawah ini ya!

Bagikan :

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *